Perda Smart City Jadikan Cirebon Kota Cerdas

Perda Smart City Jadikan Cirebon Kota Cerdas

CIREBON- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Kota Cerdas atau Smart City disetujui bersama oleh DPRD Kota Cirebon dan Walikota Cirebon dalam forum rapat paripurna yang digelar di Griya Sawala, Rabu (8/12).

Raperda tersebut merupakan inisiasi Komisi I yang mampu dibahas dan diselesaikan hingga sesaat lagi bakal menjadi perda definitif.

Ketua Pansus Raperda Kota Cerdas (Smart City) Tunggal Dewananto mengatakan tujuan dari dibentuknya regulasi di tingkat daerah kota Cirebon ini adalah untuk mendorong terlaksananya urusan pemerintahan berbasis elektronik. Sehingga memudahkan pelayanan kepada masyarakat, serta menyajikan basis data yang akurat untuk diakses.

\"\"

“Raperda ini telah melalaui pembahasan di internal, rapat dengan tim asistensi, dan pada 12 November sudah mendapatkan fasilitasi gubernur. Telah dilaporkan pada pimpipan dan sepakat diparipurnakan hari ini (kemarin),” ujar pria yang akrab disapa Dewa itu.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota pansus dan tim asistensi yang bersama membahas raperda ini. Dia berharap Perda Smart City di Kota Cirebon bisa secepatnya diterapkan. “Dengan begitu, maka birokrasi yang prosedural terpangkas dengan hadirnya perda ini,” sebutnya.

Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH juga menyampaikan terima kasih kepada DPRD, khususnya pansus yang telah menuntaskan pembahasan raperda yang dimaksud.

Menurut Walikota Nashrudin Azis, untuk memenuhi kebutuhan akses informasi, diperlukan suatu konsep cerdas yang dirancang guna membantu memudahkan kegiatan masyarakat dalam upaya mengelola sumber daya yang lebih efisien, efektif, dan berkesinambungan  melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Melalui kota cerdas, upaya pemerintah dalam mengelola berbaha sumber daya guna menyelesaikan berbagai persoalan dengan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan. Serta penyediaan infrastruktur dan layanan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Cirebon,” imbuhnya. (azs/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: